Wahyu MH

PB MUDA DI BP PAUD DAN DIKMAS PAPUA. PRAKTISI PENDIDIKAN, HOBY MENULIS, MAGISTER ILMU HUKUM, MENGABDI DI DUNIA PENDIDIKAN BIDANG PAUD DAN DIKMAS. ...

Selengkapnya
Pembiasaan Olah Raga Sejak Dini Pada Anak Paud, Mencegah Obesitas di Masa Tua

Pembiasaan Olah Raga Sejak Dini Pada Anak Paud, Mencegah Obesitas di Masa Tua

PEMBIASAAN OLAH RAGA SEJAK DINI PADA ANAK PAUD, MENCEGAH OBESITAS DI MASA TUA.

By : Wahyu MH

Perlu di ketahui oleh Ayah dan Bunda, bahwa anak yang terbiasa olah raga sejak kecil, maka akan terbiasa melakukannya ketika dewasa, hal ini akan memudahkan dalam menurunkan berat badannya, apabila dalam pertumbuhan, mengalami obesitas.

Untuk wanita kalau sudah dewasa, misalnya apabila setelah selesai melahirkan, akan mudah menurunkan berat badan.

Aktifitas dalam masa-masa pertumbuhan seperti anak-anak, mesti diimbangi dengan berbagai aktifitas yang merangsang tumbuh kembangnya anak secara normal.

Salah satu aktifitas itu adalah olah raga. Sebenarnya semua jenis olah raga bisa diajarkan kepada anak sejak usia dini.

Penulis telah merangkum, peberapa olah raga, yang bisa di perkenalkan sejak dini diantaranya sebagai berikut :

1. Melompat, jenis olah raga ini sangat bermanfaat untuk menguatkan otot dan persendian, olahraga ini bisa dikemas dalam bentuk permainan, seperti lompat tali dengan dibantu beberapa orang teman-temannya.

2. Berlari dan berjalan, aktifitas olah raga ini, sangat bagus dilakukan di pagi hari, sangat efektip di lakukan di ruangan terbuka, seperti taman atau lapangan.

3. Bergelantungan, olah raga yang satu ini sangat baik untuk melatih pergelangan tangan , penguatakan otot genggaman tangan.

4. Bermain bola, bermanfaat melatih ketahanan kardiovaskular, melatih keseimbangan tubuh, mengontrol beran badannya, melatih kekuatan otot kaki, belajar melakukan teamwork.

5. Berenang, belajar mengatur stamina dan pernafasan, melatih kerja otot tubuhnya. Berenang juga sebagai media penyembuhan penyakit asma, sebab gerakan berenang akan otomatis membuka salurang pernafasan menjadil lebih besar lagi.

6. Bersepeda, olah raga ini sudah sangat umum, dan biasanya sangat disukai anak-anak. Sangat bermanfaat utnuk melatih kekuatan kaki, melatih keseimbangan tubuh dan melatih otot jantung.

7. Base ball dan soft ball, melatih kekuatan fisik, melatih konsentrasi dan koordinasi mata dengan tangan, melatih keseimbangan tubuh, Selain itu anda juga bisa belajar mengenai teamwork dan kepemimpinan

8. Senam, olah raga ini melatih kekuatan lentur tubuhnya dan fisik serta stamina anak bisa berkembangan dengan baik, sangat baik untuk melatih keseimbangan tubuh.

9. Menari, Melakukan tarian bisa menjadikan tubuh anak terus aktif bergerak, dan tubuhnya pun akan semakin lentur.

10. Berkuda, bermanfaat untuk peningkatan kemampuan kognitif yang dimiliki anak. Selain itu, berkuda juga membantu meningkatkan kemampuan belajar pada anak, terutama saat ia ingin memecahkan suatu masalah.

So, Ayah dan Bunda, mulai sekarang ajarkan anak-anak olah raga sesuaikan dengan pilihannya.

Selamat beraktifitas.

Sentani, 31 Januari 2019.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search